Ada Piramida di Taman Purbakala Pugung Raharjo, Lampung

Ada Piramida di Taman Purbakala Pugung Raharjo, LampungSiapa bilang Indonesia tidak punya piramida? Di Taman Purbakala Pugung Raharjo, Lampung, Anda bisa melihat piramida berundak 3 tingkat, bekas peninggalan zaman megalitik-klasik. Keren! Dilihat dari buku panduan pariwisata, Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan zaman Hindu. Terletak di Desa Pugung Raharjo, Lampung Timur, taman ini pertama kali ditemukan pada tahun 1954.


Pada awalnya, kawasan Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan hutan tertutup dan dianggap angker oleh penduduk sekitar. Kemudian, hutan tersebut dibuka untuk dijadikan tempat tinggal transmigran yang datang ke Lampung. Saat pembukaan hutan, penduduk menemukan susunan batu besar, gundukan tanah berbentuk persegi dan arca. Setelah itu, temuan tersebut dilaporkan ke Dinas Purbakala dan dijadikan peninggalan zaman megalitik-klasik.

Zaman megalitik merupakan zaman ketika para nenek moyang, belum mengenal tulisan. Ciri-ciri zaman megalitik adalah seluruh alatnya masih terbuat dari bebatuan besar, seperti batu tegak, meja batu, kuburan batu dan keranda batu. Sedangkan zaman klasik terjadi ketika pengaruh kebudayaan Agama Hindu dan Buddha masuk. Zaman ini terjadi pada abad ke 6-15 masehi.

Taman seluas 30 hektar ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama untuk turis yang menyukai wisata sejarah. Di sini, Anda bisa menemukan alat-alat yang digunakan oleh manusia purba dulu. Uniknya, semua benda ini terbuat dari batu.

Beberapa benda yang bisa Anda temukan adalah menhir atau batu tegak dan meja batu atau dolmen yang berasal dari zaman megalitik. Selain itu, Anda juga bisa melihat kubur batu manusia purba yang dulu dijadikan sebagai tempat pemujaan.

Tidak hanya benda peninggalan manusia purba, pengunjung yang datang juga bisa melihat benda-benda peninggalan kebudayaan Hindu Buddha di taman purbakala ini. Keramik dari Dinasti Han, Sung, dan Ming ada di taman ini. Sebuah arca yang diperkirakan berasal dari abad ke-6 juga bisa Anda temukan saat berkeliling taman ini.
Satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah punden berundak, mirip piramida di Mesir. Taman purbakala ini memiliki 13 buah punden berundak. Piramida berundak di Pugung Raharjo terbuat dari gundukan tanah yang kini ditanami rumput hijau yang rapi.
Di piramida berundak tersebut, Anda juga bisa melihat batu-batu yang tersusun rapi. Batuan ini berfungsi sebagai tangga dan pembatas di sekitar piramida, dan membaginya menjadi 3 bagian punden berundak, yakni bawah, tengah dan puncak.

Artikel terkait
candi candi Yogyakarta (25) candi candi di indonesia (1) candi candi di sumatera (14) candi di bali (3) candi di india (6) candi di jawa barat (5) candi di jawa tengah (37) candi di jawa timur (45) candi di kalimantan (4) candi kamboja (4) Gunung padang (4) meninggalnya osamah bin laden (1) Nusantara Asal Peradaban Dunia (8) serba serbi (10) Situs Percandian Muara jambi (13) situs percandian muata takus (5) Terjadi Perang Nuklir Pada Zaman Prasejarah (1) Wisata dunia (8) 
Poskan Komentar

Entri Populer