Sabtu, 01 September 2012

Curug Malela, Niagara Mini di Kabupaten Bandung
Curug Malela, 
Curug Malela, Niagara Mini di Kabupaten Bandung. menikmati suasana air terjun terkenal Niagara? Tak usah ke Amerika Serikat. Satu tempat yang mirip dengan air terjun di perbatasan Kanada dan AS itu bisa Anda nikmati di Kabupaten Bandung.

Nama air terjun itu, Curug Malela. Curug Malela terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, atau sekitar tiga jam perjalanan menggunakan mobil dari Kota Cimahi lewat jalur Cililin. 


Meski ukurannya lebih kecil dibanding Niagara, namun keindahannya tak kalah. Lingkungan sekitar curug ditumbuhi pepohonan hijau sehingga membuatnya nampak asri. Keindahan alamnya berpadu dengan udara yang menyejukan.


Lokasinya berada jauh dari permukiman. Anda harus terlebih dahulu melewati jalur yang terjal dan berbatu. Sehabis hujan biasanya jalanan becek dan berlumpur.

Saat berkunjung Anda harus merasakan kesegaran air curug. Namun hindari berenang di bawah aliran air terjun karena sedikit berbahaya. Anda bisa berenang di kawasan yang tak jauh dari air terjun dimana keadaan air lebih tenang.

Bawalah persediaan makan dan minuman sendiri karena dikawasannya tak ditemukan warung atau kios. Sangat dilarang untuk membuang sampah bekas makanan sembarangan. Jagalah selalu kebersihan kawasan curug agar keindahannya tak terusak oleh sampah

Curug Malela, Niagara Mini di Kabupaten Bandung
Curug Malela, Niagara Mini di Kabupaten Bandung
Kondisi curug dengan bebatuan berundak menampilkan keunikan tersendiri bagi yang melihat. Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan lebar 50 meter. Airnya sangat deras dan bila sedang beruntung, kita dapat menyaksikan ratusan monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) minum air di bawah curug.

Air terjun Malela berasal dari hulu sungai di lereng utara Gunung Kendeng. Ke hilir, air sungai membentuk jaringan sungai Cidadap dan bermuara ke Cisokan. 

Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari tujuh air terjun di sepanjang sungai.  Setelah Curug Malela, Anda bisa menelusuri Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan Curug Pameungpeuk di hilirnya.  

Ketujuh air terjun itu hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja. Semuanya terletak di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. (MI/disbudparjabar/Wrt3)

0 comments: