mplod lewo

Makanan khas. Ketela pohon atau dikenal juga dengan namasingkong merupakan bahan makanan yang tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Hal ini disebabkan tanaman ini banyak tumbuh di indonesia.


Dibeberapa daerah,digunakan sebagai makanan khas tambahan dan sebagian masyarakat mengkonsumsinya sebagai makanan pokok. Tanaman ini mula-mulanya dari negara Brazil, kemudian menyebar ke beberapa negara,termasuk diantaranya indonesia.

Tanaman ketela pohon banyak ditanam di indonesia.Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tidak perlu perawatan yang khusus. Tanaman ini dapat tumbuh pada lahan yang kering dan tidak subur,serta tahan terhadap penyakit. Tanaman ini dapat dikatakan tanaman serba guna karena mulai dari daun,batang,hingga umbinya dapat dimanpaatkan.


Ketela pohon dapat dimanpaatkan secara langsung,seperti direbus, digoreng, dibuat keripik atau kerupuk. Disamping itu ketela pohon dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak. selain bahan pangan dan pakan, ketela pohon juga sebagai bahan industri, tekstil dan farmasi. Akan tetapi, pemanpaatanya sebagai indusrti biasanya sudah dilakukan proses tertentu diantaranya terbentuknya MPLOD (ENDOG LEWO).


Mplod (endog lewo) adalah MAKANAN KHAS dari Lewo-Malangbong, Garut
Poskan Komentar

Entri Populer