Sabtu, 07 Juli 2012

Wisata Garut | Kawah Darajat
Wisata Garut | Kawah Darajat. Kawah Darajat ini terletak di desa Padaawas kecamatan Pasirwangi kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat. Kawasan Kawah Darajat ini memiliki daya tarik berupa kawah yang menghasilkan uap panas dan pemandangan berupa bentang alam pegunungan serta perkebunan. Pengunjung yang datang ke kawasan wisata Kawah Darajat garut dapat melakukan aktivitas wisata seperti tracking, menikmati pemandangan serta penelitian mengenai kawah.


Kawasan wisata Kawah Darajat Garut dikelola oleh PT. Amoseas yang bekerjasama dengan PT. Pertamina, namun status kepemilikan lahannya adalah milik Perhutani. Luas kawasan keseluruhan Kawah Darajat ini sekitar 40 Ha dengan waktu kunjungan wisata tidak terbatas namun harus ada izin dari pihak Amoseas karena kawasanini merupakan kawasan perindustrian dan masih banyak terdapat gas beracun yang dapat keluar kapan saja. 

Ketinggian rata – rata Kawah Darajat ini adalah 1920 meter diatas permukaan laut, dengan konfigurasi umum lahan yang berbukit dan berlembah dengan tingkat kemiringan lahan yang agak curam dan stabilitas tanah yang cukup baik serta daya serap tanah yang cukup. 

Tingkat penyinaran mataharirata-rata dikawasan ini sedang. Terdapat pula pengaruh musim yang terjadi di kawasan ini yaitu pada saat kemarau produksi uapnya agak menurun. Kawah darajat merupakan barisan gunung Papandayan dengan jenis gunung yang gunung aktif dengan jumlah kawah 2 buah, namun banyak terdapat sumur uap yang berjumlah sekitar 24 buah , yang biasa digunakan oleh pihak Amoseas sebagai tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). 

Adapun batas administrasi dari kawasan ini adalah : Utara : Desa Padaawas Barat : Kawasan cagar alam Selatan : Desa Sarimukti Timur : Desa Padaawas Kualitas lingkungan dikawasan ini dapat dibilang cukup baik, tingkat kebersihan yang sangat terjaga dan bentang alam yang baik. 

Tidak terdapat pencemaran air, pencemaran udara di kawasan ini hanya bau belerang yang cukup menyengat. Untuk ukuran suatu kawasan industri kawasan Kawah Darajat ini tergolong bersih,tidak terdapt pencemaran sampah dan tidak terdapat vandalisme. 

Sarana lain yang terdapat di kawasan ini adalah tempat parkir, di halaman depan gedung utama PT. Amoseas dengan daya tampung 20 mobil dengan lapisan permukaan aspal dan tempat parker bebas di area tertentu di kawasan kawah Darajat. Terdapat beberapa pintu masuk dengan kondisi yang cukup baik yang ditujukan untuk menjaga kawasan industri Pt Amoseas sekaligus untuk mengontrol pengunjung yang masuk. 

Terdapat pula beberapa papan penunjuk arah di kawasan Kawah Darajat dalam kondisi yang baik. terdapat pula pelayanan informasi yang terdapat pada setiap pos jaga dengan kebersihan yang baik dan kondisi bangunan yang cukup baik. 

Alat transportasi yang biasa digunakan pengunjung yang datang ke kawah Darajat ini yaitu dengan menggunakan mobil pribadi ataupun kendaraan umum dari Tarogong – Pasirwangi dengan biaya Rp 3000/orang. Terdapat jalan akses dengan lebar 5m dan panjang jalannya  3 Km, terdapat pula jalan setapak dengan panjang 100 m dan lebar jalan 1m. 

0 comments: