Makam Cinunuk

Makam CinunukMakam Cinunuk . Bangunan makam terbagi dua bagian, yaitu di makam bagian luar pada sebelah kanan terdapat 9 makam dan di kiri 12 makam, sedangkan di makam bagian dalam terdapat 4 makam. Untuk mengunjungi Makam Cinunuk dapat di dampingi oleh kuncen yang jumlahnya 9 orang dan merupakan keturunan Raden Papah.



Makam ini dikelola oleh Keluarga Bapak Rukayad yang merupakan keturunan / generasi ke- 4 dari Raden Papah.

Makam Cinunuk memiliki luas 23,85 ha, dan batas administrasi sebagai berikut:

Utara : Desa Wanaraja
Barat : Desa Banyuresmi
Selatan : Desa Situ Sari
Timur : Desa Tegal Panjang

Aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan Makam Cinunuk adalah berjiarah.

Aspek Khusus

Raden Papah atau Raden Wangsa Muhamad merupakan sesepuh sekaligus penyebar agama Islam di Kecamatan Wanaraja. Beliau merupakan salah satu tokoh yang masih dikenal sebagai salah satu penyebar agama Islam.

Kompleks makam Cinunuk memiliki beberapa fasilitas yaitu: 3 buah kios jajanan

  • Tempat parkir dengan seluas 170 m2 
  • 2 buah WC umum 
  • 1 buah Shelter 
  • pos kesehatan 
  • 2 buah tempat ibadah. 
  • puskesmas yang berjarak 100 m dari kawasan. 
Kompleks makam ini tidak memiliki fasilitas akomodasi. Fasilitas akomodasi yang terdekat adalah Pondokan Layung Sari di JI. Raya Wanaraja No.1, seclangkan fasilitas keamanan sama dengan yang terdapat di Desa Cinunuk.

Di kompleks makam ini tidak ada pusat informasi khusus, namun pengunjung yang datang dapat memperoleh informasi mengenai makam tersebut dari kuncen yaitu pak Rukayad.

Aksesibilitas Menuju Objek

Makam CinunukKompleks Makam Cinunuk berjarak 2 km dari pusat Kecamatan Wanaraja , 12 km dengan Kabupaten Garut. dan 63 km dengan ibukota propinsi Bandung. Untuk aspek aksesibilitas Makam Cinunuk melewati jalan kecamatan dengan panjang jalan 20 m dari kantor Kecamatan Wanaraja, jalan akses yang berupa jalan desa dengan panjang 1,2 km dan lebar 3 m dan jalan setapak yang berupa foot path dengan panjang 20 meter dan lebar 1,2 m. 
Untuk pencapaian ke tempat tujuan dapat menggunakan transportasi angkutan kota dengan trayek Terminal Guntur-Sukawening dan Terminal Guntur?Karangpawitan hingga jalan awal jalan akses. 

Dari jalan akses cepat menggunakan transportasi ojeg dengan tarif Rp.1.500,- dan delman dengan tam Rp.1.000,-.
Posting Komentar

Entri Populer